Membuat Ringtone dengan Audacity

Materi berikut adalah bagaimana membuat potongan lagu untuk dijadikan ringtone di handphone Anda. Ndak mungkin khan, satu lagu full selama kurang lebih 3-5 menit dijadikan ringtone, ntar malah ga diangkat lagi karena keasikan ndengerin. Biasanya ringtone dibuat selama kurang lebih 30 detik, biar ga habis-habisin memori handphone. Biasanya format ringtone untuk handphone adalah MP3 atau WAV, kalau S60 3rd edition dia pakai MP3 sedangkan S60 2nd edition ringtonenya pakai WAV. Untuk handphone dengan platform JAVA, mulai S40 3rd edition pakai MP3 untuk ringtonenya. Okey, sekarang kita mencoba motong lagu pakai Audacity. Kenapa Audacity? Karena selain gratis alias freeware dia juga gampang pemakaiannya, lumayan lengkap.

  1. Setelah download di sini, silakan install terlebih dahulu. Lancar? Oke, silakan buka Audacity dengan memilih icon seperti ini
  2. Nah, tampilan awalnya seperti ini
  3. Saya mencoba motong lagunya Naruto. Caranya geret saja lagunya dari explorer Anda langsung ke Audacity. Ntar dia akan import otomatis, setelah itu tampilannya bakal seperti di bawah ini. Kalau mau lagunya Naruto yang saya buat contoh ini silakan download di sini.
  4. Sukses menggeretnya? Nah, untuk mendengarkan musiknya Anda bisa tekan tombol “Space” di keyboard komputer Anda dan untuk Stop bisa tekan sekali lagi.Selain menggunakan Space, Anda juga bisa memanfaatkan Icon Bar.
  5. Biasanya orang suka mengambil bagian reff untuk dijadikan ringtone, nah untuk kasus Naruto ini kita akan menghapus bagian depan dari 0 menuju 6.5 detik. So, arahkan kursor “Selection Tool” yang bentuknya seperti ini di 0 terus tekan mouse klik kiri dan digeser ke arah 6.5 detik (klik jangan dilepas, tapi ditahan). Nah hasilnya akan di blok warna hitam, setelah itu tekan DEL pada keyboard. Otomatis bagian depan yang kita blok tadi akan terhapus dan sisanya akan otomatis bergeser ke kiri dengan sendirinya ke bagian 0. Selain menekan DEL kita juga bisa memilih icon untuk menghapus blok. Bisa dimengerti? Ntar tampilan waktu ngeblok seperti di bawah ini
  6. Untuk menghapus bagian belakang, pada layar kerja yang berbiru-biru itu kita double klik kiri mouse (tekan dua kali mousenya), ntar jadinya semua terblok warna abu-abu. Betul? Nah, setelah itu tekan dan tahan tombol Shift pada keybord lalu klik kiri mouse pada bagian akhir lagu yang Anda inginkan lalu tekan DEL, bukan akhir lagunya Naruto lho, tapi bagian akhir dari lagu yang Anda inginkan sebagai ringtone. Guampang khan?
  7. Kita bisa juga memanfaatkan fasilitas trim. Bedanya yang kita blok adalah bagian yang kita inginkan. Kalau cara no 6 di atas khan yang diblok bakal kita hapus. Kalau pakai Trim, caranya blok saja bagian lagu yang kita inginkan terus tekan icon Trim, maka yang kita blok tadi siap kita jadikan ringtone, sedangkan bagian yang tidak kita blok akan hilang secara tidak misterius ) Tapi hasil Trim tadi harus kita pindah ke detik 0 (paling kiri), caranya kita double klik kiri mouse kita ke hasil Trim tadi untuk memblok semua, lalu kita Cut (Ctrl+X) dan kita paste (Ctrl+V) saat kursor kita letakkan di bagian 0 tadi. Beres…. O iya, bentuk icon Trim itu seperti ini
  8. Nah, sekarang bagaimana menggunakan efek “Fade in” (volume suara berangsur-angsur mengeras) dan “Fade Out” (volume suara berangsur-angsur mengecil). Bingung? Silakan perhatikan langkah berikut untuk lagu Naruto yang tadi sudah kita potong.
    • Blok mulai depan (0) sampai kira-kira 1 detik ke depan. Setelah diblok kita ke Menu Effect terus pilih Fade In maka hasilnya silakan Anda coba )
    • Sedangkan untuk bagian belakang bisa menggunakan Fade Out setelah Anda blok kira-kira 1 detik di belakang. Oke, silakan dites.
    • Selesai? Belum. Sekarang Anda dapat menyimpannya dalam format WAV maupun MP3. Caranya pilih Menu File lalu Export. Anda dapat memilih di “Save as type” sebagai MP3 atau WAV, tergantung kebutuhan Anda. Jangan lupa letakkan di folder yang mbok inginkan. Untuk mengubah kualitas suara dapat masuk ke Option, silakan atur sendiri. ATAU, Anda dapat mengubah kualitas sekaligus mengecilkan file musik menggunakan dBpower Amp. Nah, untuk efek-efek yang lain Anda dapat mencobanya sendiri. Tutorial di atas merupakan dasar memotong lagu menjadi ringtone, so cukup sampai di situ saja. Coba dulu deh, setelah itu baru kasih comment…

    ponselkita.wordpress.com

5 responses

11 10 2008
no body

terima kasih atas infonya. Saya sudah berhasil tuh 🙂

18 10 2008
lindaphone

Sama2, moga bermanfaat deh.

26 05 2009
wong kito

trims banyak infonya

6 07 2009
Uray RASIONALZ Band

wah mantap nih.. thanks Yah… ckckckckckc

11 06 2010
try

matur kesuwun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: