Idul Adha moment ?

11 12 2008

Tidak terasa sudah lamaaaa banget gak posting, sampai2 pembaca boring nih liat content yang itu2 saja😀

Kegiatan yang seabrek, bikin frekuensi nge-net berkurang yang berakibat blog gak keurus lagi. Tapi mudah-mudahan aja masih ada pembaca yang mau ngintip blog ini walaupun cuma pengen liat foto q yg setengah ganteng di profil🙂

Hari Raya Idul Adha baru beberapa hari kita lewati, ramainya suasana malam hari raya karena adanya kegiatan lomba Pawai Takbiran keliling yang rutin dilaksanakan setiap tahun masih terasa. Walaupun biasanya perayaannya tidak seramai Idul Fitri namun ada makna besar yang patut kita simak dari hari raya ini. Adalah Hari Raya Kurban dan Hari Raya Haji sebagai sebutan lain bagi Idul Adha yang merupakan 2 momen besar bagi Umat Muslim sedunia, seperti sering kita dengar dan lihat di media massa, elektronik, buku dan bermacam sumber informasi lainnya.

Sebutan itu bukan tidak beralasan, disebut Hari Raya Kurban karena pada hari itu dan 3 hari berikutnya (tasyrik) merupakan waktu melaksanakan kurban berupa binatang ternak bagi yang mampu dan dibagikan kepada orang miskin dan orang-orang yang berhak menerimanya sebagai bentuk keteladanan kepada Allah SWT yang dicontohkan oleh Nabiullah Ibrahim AS dan Ismail AS. Ibadah Kurban makna sebenarnya bukan sekedar terletak pada daging yang dikurbankan namun lebih kepada bentuk rasa keikhlasan memberi terhadap sesama dan pengabdian pada Allah SWT sebagaimana firman-Nya dalam QS. Al-Hajj ayat 37 yang artinya: “daging (kurban) dan darahnya itu sekali-kali tidak akan sampai kepada Allah, tetapi yang sampai kepada-Nya adalah ketaqwaan kamu”.

Sedangkan disebut Hari Raya Haji adalah karena pada saat itu Umat Muslim diseluruh dunia berkumpul di Mekkah dan Wukuf di Padang Arafah untuk melaksanakan Ibadah Haji, mereka melakukan hal tersebut sebagai bentuk pengabdian kepada Sang Khalik sehingga mereka rela mengorbankan harta, tenaga dan pikiran serta berpisah dengan keluarganya beberapa waktu untuk kemudian pulang ke tanah airnya dengan membawa pulang predikat sebagai Haji yang Mabrur, Amiin.

Mungkin itulah sekilas pandangan tentang Hari Raya Idul Adha yang dapat saya sampaikan karena keterbatasan pengetahuan yang dimiliki namun mudah-mudahan bermanfaat, selebihnya anda dapat mencari referensi lainnya.

Wassalam.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: